SEJARAH PEMIKIRAN EKONOMI ISLAM

maraknya praktik Lembaga Keuangan Syariah di Indonesia, menyusul terjadinya krisis ekonomi dan moneter yang terjadi sejak tahun 1997 dan pemberlakuan UU Perbankan Nomor 10 tahun 1998, serta fatwa MUI tentang keharaman bunga bank, telah melecut kesadaran bahwa kehadiran Lernbaga Keuangan Syariah harus diiringi dengan pemahaman yang lebih komprehensif tentang sistem ekonorrti Islam.

Dalam hal ini, pemahaman sistem ekonomi Islam tidak cukup hanya melalui sosialisasi teknis semata, tetapi juga latar-belakang dan sejarah perkembangan pemikiran ekonomi para cendekiawan Muslim hingga terwujudnya konsep mekanisme operasional Lembaga Keuangan Syariah.

Fakta bahwa kelangkaan kajian tenfang sejarah pemikiran ekonomi dalam Islam sungguh sangat tidak menguntungkan, meski dalam sepanjang sejarah Islam para pemikir dan sarjana Muslim sudah mengembangkan berbagai gagasan ekonominya sedemikian rupa. Sayangnya, kontribusi para Cendikiawan Muslim yang besar terhadap kelangsungan dan perkembangan ekonomi pada khususunya, dan peradaban dunia pada umumnya, telah diabaikan oleh para ilmuwan Barat. Buku-buku teks ekonomi Barat pun hampir tidak pernah menyebutkan peranan kaum

Muslimin. Sehingga di kalangan umat Islam pun kadang masih mengendap keraguan “apakah Islam rnemiliki konsep ekonomi?”

Oleh karena itu, buku ini sengaja menampilkan pemikiran ekonomi para sarjana Muslim terkemuka yang akan memberikan kontribusi positif bagi umat Islam, setidaknya dalam dua hal: pertama, membantu rnenemukan berbagai sumber pernikiran Islam kontemporer, dan; kedua, memberikan kemungkinan kepada kita untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik mengenai perjalanan pemikiran ekonomi Islam selama ini. Buku ini pun memberikan kontribusi yang akan memperkaya ekonomi Islam kontemporer dan membuka jangkauan lebih luas bagi konseptualisasi dan aplikasinya. Bagaimanapun, kajian terhadap perkembangan sejarah ekonomi Islam merupakan ujian-ujian empirik yang diperlukan bagi setiap gagasan ekonomi. Karenanya, kajian yang ada dalam buku ini memiliki arti yang sangat penting, terutama dalam kebijakan ekonomi dan keuangan negara.

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s