Sanggar Qur’an Yayasan Adjhis Ishlahul Ummah

A. LATAR BELAKANG MASALAH
Kalau kita mengikuti perkembangan zaman yang semakin maju dan modern yang ditandai dengan maju pesatnya teknologi informasi yang terjadi dewasa ini, seharusnya diikuti kesadaran pemanfaatan teknologi tersebut untuk mengokohkan peran penghambaan manusia kepada sang Kholiq, bukan sebaliknya.

Sanggar Qur’an salah satu jalan untuk mencapai hal tersebut. Dengan demikian generasi tunas bangsa memiliki daya iman yang kuat dari pengaruh negatif yang dimainkan oleh musuh – musuh islam.
Allah berfirman dalam surat Al-Baqoroh ayat 120 :

“ Orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan senang kepada kamu hingga kamu mengikuti agama mereka. Katakanlah: “Sesungguhnya petunjuk Allah Itulah petunjuk (yang benar)”. dan Sesungguhnya jika kamu mengikuti kemauan mereka setelah pengetahuan datang kepadamu, Maka Allah tidak lagi menjadi pelindung dan penolong bagimu “

Dengan modal lingkungan Sanggar Qur’an, generasi tunas bangsa memiliki hobi banyak membaca dan menghafalkan Al-Qur’an dan secara prilaku kebiasaan sholat berjamaah lima waktu dan sholat malam menjadi kebutuhan hidupnya.
Khususnya kalangan pemulung yang kesehariannya mereka mencari penghasilan untuk makan tanpa mendapatkan pendidikan yang layak, khususnya dalam hal agama, kerena mau tidak mau mereka adalah tunas bangsa yang harus di perhatikan demi terciptanya generasi Qur’ani dan demi perubahan hidup kepada yang lebih baik.

Yang membedakan Sanggar Qur’an ini dengan yang lain adalah, semua santri nya di utamakan dari kalangan Pemulung, yatim dan Dhua’fa, yang orang jarang menyentuhnya, dengan harapan mereka mendapatkan pendidikan agama yang memadai khususnya di bidang hafalan Al – Qur’an, karena itu lah modal utama hidup di dunia untuk mencapai ridho ilahi dan menjadi anak yang berakhlaqul karimah..

Dengan Sanggar Qur’an yang akan diselenggarakan ini, kami ingin menjawab orang yang berpikir bahwa Al-Qur’an itu susah untuk di pelajari,susah dalam mempelajari tahsin dan tajwid, dan susah untuk di hafal, khusunya bagi para anak – anak dan remaja, karena mereka lah generasi kita semua, kami akan menjawab dan memberikan solusi nya, kami akan yakinkan bahwa dengan mengikuti dan gabung dengan Sanggar Qur’an ini, belajar Al-Qur’an akan terasa mudah, asyik,dan menyenangkan dengan di pandu oleh pembimbing – pembimbing yang mumpuni dan di bantu dengan metode yang luar biasa modern, mudah,asyik dan menyenangakan.

B. DASAR PELAKSANAAN
Pendirian Sanggar Qur’an ini didasarkan pada firman-firman Allah SWT dan Hadist-hadist Rasul SAW sebagaimana yang akan kami sebutkan di bawah ini. Selain itu juga mempertimbangkan akan besarnya fadhilah dalam menghafal Al-Qur’an dan Al-hadsit serta menuntut ilmu

1. Firman – Firman Allah SWT
Qs Yunus : 57

“ Hai manusia, Sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman.”

AL-Ankabut: 49

“ Sebenarnya, Al Quran itu adalah ayat-ayat yang nyata di dalam dada orang-orang yang diberi ilmu. dan tidak ada yang mengingkari ayat-ayat Kami kecuali orang-orang yang zalim.”

Al-Furqon:32

“ Berkatalah orang-orang yang kafir: “Mengapa Al Quran itu tidak diturunkan kepadanya sekali turun saja?”; demikianlah supaya Kami perkuat hatimu dengannya dan Kami membacanya secara tartil (teratur dan benar).”

Al-Muzammil : 4

“ Atau lebih dari seperdua itu. dan bacalah Al Quran itu dengan perlahan-lahan.”

Al-Qomar ayat 17, 22. 32, 40

“ Dan Sesungguhnya telah Kami mudahkan Al-Qur’an untuk pelajaran, Maka Adakah orang yang mengambil pelajaran?”

2. Hadits Rosulullah SAW :

“ Sebaik – sebaik dari kalian adalah yang belajar Al-Qur’an dan mengamalkannya “
“ Bacalah Al-Qur’an karena sesungguhnya dia ( Al-Qur’an ) akan datang pada hari kiamat sebagai syafaat bagi para pembacanya.”

3. Maraknya beredar kabar – kabar negatif yang pelakunya anak –anak dan remaja, dikarenakan pergaulan yang sangat tidak terbatas dan kurang fasilitas untuk pengalihan kepada hal – hal yang positrif
4. Minimnya lembaga atau yayasan yang mengadakan Sanggar Qur’an bagi anak – anak dan remaja pemulung atau dhua’fa, khusunya di Pondok Aren.

C. VISI, MISI dan TUJUAN
1. VISI
“ Menjadi Sanggar Qur’an Pencetak Penghafal Al-Qur’an kalangan Pemulung,Yatim dan Dhua’fa Setara Nasional ”

2. MISI
Menyelenggarakan proses pendidikan yang mengajarkan materi yang meliputi Al-Qur’an,Al-Hadist dan Fiqih dengan cara menghafal dan pemberian pemahaman yang benar mengenai isi dari Al-Qur’an
Mengajarkan dan menjelaskan kandungan yang ada dalam Al-Qur’an dan Al_hadist serta mengaflikasikannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga
dapat menumbuhkan ruh keislaman yang mengakar kuat dalam hati dan kehidupan setiap kaum mu’min khususnya para santri.
Melatih setiap santri untuk terjun langsung di tegah-tengah masyarakat, agar mau dan mampu mempraktekan serta mendakwahkan segala yang pernah didapat selama masa pembelajaran yang sesuai dengan Al-Qur’an dan tuntunan Rasullullah.
Menyelenggarakan kegiatan extrakulikuler yang bermanfaat seperti pengembangan skill setiap santri dalam berbagai keterampilan dan olahraga dan sesuai degan Sunnah Rasulullah SAW.

3. TUJUAN
Menjaga kesucian dan kemurnian Al-Qur’an dan Al-Hadist serta ajaran-ajarannya dari berbagai penyimpangan dan penyalahgunaan.
Membumikan Al-Qur’an dan Al-Hadist pada setiap orang mukmin sehingga dapat mencetak generasi-genarasi muda Islam yang Qur’ani, berkualitas dan bertanggung jawab pada diri dan agamanya.
Membentuk karakter dan mental yang tangguh, sholeh dan berakhlakul karimah pada setiap santri, serta membina lingkungan sekitar menjadi kondusif untuk perkembangan mental dan jasmani setiap anak.
Mencetak generasi yang berbakti kepada orang tua, agama, dan lingkungan
Meciptakan kader Islam yang mau memikirkan kelangsungan perkembangan agama Islam dan kondisi ummat nya, serta menyebarkan nilai-nilai yang terkandung di dalam Al-Qur’an dan Al-Hadist.
Mencetak Huffadz Al-Qur’an yang Fasih dan Dhobit

D. TARGET
1. Target Umum
Terbentuknya anak sholeh penghafal Al-Qur’an yang mempunyai pemahaman yang komprehesif terhadap ajaran agama yang mampu ditempatkan pada tataran praktek dengan
berprilaku yang baik ( akhalaqul karimah ), baik terhadap sesama siswa siswi ataupun terhadap lingkungan sosialnya.
2. Target Khusus
Terciptanya pemahaman yang progresif terhadap sumber agama Islam yaitu Al-Qur’an, dengan mempelajari, menghafalkan dan memehami isi kandungannya.

E. SASARAN dan MANFAAT PELAKSANAAN
1. Sasaran Calon Santri
Sasaran calon santri Sanggar Qur’an ini, terdiri dari anak – anak Dhua’fa,Yatim dan anak – anak Pemulung yang terlantar dari segi pendidikan, khusunya pendidikan Al – Quran

2. Manfaat Pelaksanaan
Dapat meminimalisir ketelantaran anak anak Yatim, Dhua’fa dan Pemulung
Dapat mencetak penghafal Al – Qur’an dari kalangan yang minim pendidikan
Dapat menjadikan anak yang mandiri dan bertanggung jawab terhadap dirinya pribadi
Merubah kehidupan kepada yang lebih positif
Dapat menciptakan generasi muda Qur’ani yang beradab dan beragama
Dapat memanfaatkan waktu senggang menjadi lebih bermanfaat dan bermakna
Lebih mencintai Al – Qur’an
Dll

3. Keunggulan Program
a. Lokasi representatif, kondusif dan nyaman.
b. Didukung dengan sarana dan prasana yang lengkap dan memadai.
c. Tenaga pengajar profesional dan berpengalaman dibidangnya, lulusan dari dalam dan luar negeri.
d. Bermanhajkan ahlusunnah wal jama’ah.
e. Metodologi pembelajaran yang diterapkan efektif, simpel dan mudah dipahami.
f. Berorientasi mencetak para penghafal Al-Qur’an sebanyak-banyaknya dari kalangan Pemulung dan Dhua’fa di seluruh Indonesia.

E. WAKTU dan TEMPAT :
Adapun Waktu perdana Melajar Mengajar Santri Pesantren Al-Qur’an:
Hari : setiap hari
Waktu : 15.30 – 20.00 WIB
Tanggal : di mulai Bulan Desember 2014
Tempat : Jl. Flamboyan 1 Blok D7 No.5 Pondok Safari Indah, Jurangmangu Barat
Pondok Aren, Tangerang Selatan Telp. 021.7303883 ; 082114749433

Kontak Person : 082114749433

G. KEPANITIAAN
Terlampir

H. ANGGARAN DANA
Terlampir

I. SUMBER DANA
Dana untuk kegiatan ini yaitu didapat dari donasi para Donator atau Sponsor yang sifatnya tidak mengikat dan dapat dipertanggung jawabkan.

J. METODE PELAKSANAAN
Santriwan/santriwati dibentuk kelompok, setiap kelompok maksimal berjumlah 8 orang , yang mana setiap kelompok akan mempunyai musyrif /musyrifah yang membimbing dan menyimak bacaan, muroja’ah dan hafalan setiap santriwan/santriwati sesuai dengan jadwalnya.

K. PENUTUP
Demikian proposal kegiatan Pesantren Tahfidz Al-Qur’an ini kami sampaikan. Dengan harapan apa yang menjadi tujuan rencana kegiatan ini dapat tercapai dengan baik dan disertai niat tulus dan ikhlas karena mengharap ridho Allah SWT. dan semoga Allah SWT meringankan langkah Bapak/Ibu untuk ikut serta berpartisipasi dalam pelaksanaan kegiatan pesantren ini, sehingga dapat menjadi tabungan amal
jariah di akhirat kelak. Amin

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s