Program Khatam Al Qur’an Dalam Seminggu

Berpegang teguh kepada ajaran-ajaran Islam yang benar, dan ajaran-ajaran tersebut terdapat pada sumber-sumber ajaran Islam, dan salah satu sumber yang paling utama yang paling utama adalah Al Qur’an. Bagi seorang Muslim seharusnya paham dan mengerti apa yang terkandung didalam Al Qur’an kemudian mengamalkannya serta menyampaiknnya kepada orang lain.
Tetapi kenyataanya tidak semua orang bisa melakukan sampai tahap tersebut, tetapi setidaknya kita dapat membaca Al Qur’an, dan ini adalah tahapan dasar untuk mempelajari Al Qur’an, tahapan ini meliputi: belajar mengenal huruf-huruf hijaiyah, mengenal harokat (tanda baca) serta tanda-tanda yang terdapat dalam Al Qur’an dan juga belajar membaca dengan benar sesuai dengan makhroj dan tajwid serta hukum-hukumnya, untuk tahap selanjutnya membiasakan dan istiqomah untuk membaca sehingga mencapai target dari tahap ini yaitu lancar dan benar sesuai dengan ilmu tajwid.

Secara garis besar terget-terget tersebut dapat dicapi melalui beberapa tahap yaitu:
• Memperbanyak membaca
• Memperbanyak mendengar
• Talaqqi (belajar membaca Al Qur’an dibimbing langsung oleh Ustadz)
• Faham dan mengerti tajwid (kaidah-kaidah membaca Al Qur’an sesuai yang dianjurkan oleh Rasulullah sebagaimana yang telah diriwayatkan oleh para Ulama’ Qiro’at yang terdiri dari: Makhroj, Ghunnah, Mad, ayat-ayat Ghorib (asing), Tafkhim Tarqiq (bacan tebal/tipis).
• Istiqomah (kontinyu).
Maka dengan melalui tahapan-tahapan tersebut diharapkan dapat mencapai target yang harus dicapai yaitu lancar dan benar (mahir & mutqin)
Untuk memotivasi anda dalam istiqomah dan membiasakan diri untuk membaca Al Qur’an, berikut metode yang InsyaAllah menambah keistiqomahan anda:

Buatlah kadar bacaan harian dalam membaca Al Qur’an dan jangan meninggalkannya dalam keadaan bagaimanapun, sedikit tetepi terus lebih baik daripada banyak tetapi terputus. Dan usahakan membaca dari awal sampai akhir secara tilawah (membaca). Seandainya dalam sehari saja dapat membaca sebanyak 1 juz, maka dalam sebulan sudah dapat mengkhatamkan seluruh Al Qur’an, dengan demikian setiap tahun akan mengkhatamkan sebanyak 12 kali, dan menurut para Ulama’ ini adalah yang paling sedikit bagi hamba Allah yang mencintai Allah dan RasulNya, sedangkan kebiasaan As Salafus soleh mereka mengkhatamkan Al Qur’an 1 kali setiap 10 hari, bahkan ada diantara mereka yang mengkhatamkan seinggu sekali, Rasulullah pernah berwasiat kepada sahabatnya Abdullah bin Amr RA, Rasulullah bersabda:” bacalah Al Qur’an dalam satu bulan (khatam). Abdullah bin Amr berkata:” wahai Rasulullah! Saya bahkan lebih cepat dari itu”. Rasulullah bersabda: dalam 7 hari janagn lebih (cepat) dari itu”. (HR: Bukhori). dan kebanyakan para sahabat mengkhatamkan Al Qur’an seminggu sekali dan dinamakan dengan hizbun Nabi, dan barang siapa yang dapat mengkhatamkan dalam 3 hari boleh-boleh saja tetapi tidak boleh lebih cepat dari itu, karena dia tidak akan memahami makna yang dibaca.
Berikut tahapan-tahapan dalam mengkhatamkan AL Qur’an:
1) Seminggu sekali khatam yang dinamakan dengan Hisbun Nabi (kebiasaan Nabi) dan tahapan ini adalah yang paling afdhal.
2) Jika selama sehari membaca 3 juz, maka dalam 10 hari dapat mengkhatamkan 1 kali
3) Jika sehari dapat membaca 1,5 juz, maka dalam 20 hari dapat mengkhatamkan 1 kali
4) Jika dalam sehari 1 juz, maka dalam satu bulan dapat mengkhatamkan 1 kali

Berikut contoh tabel agar dapat mengkhatamkan seminggu sekali, yang disebut dengan hizbun Nabi dengan cara Tilawah:
NO HARI MULAI SELESAI
1 SENIN Surat Al Fatihah Surat An Nisa’
2 SELASA Surat Al Maidah Surat At Taubah
3 RABU Surat Yunus Surat An Nahl
4 KAMIS Surat Al Isro’ Surat Al Furqon
5 JUM’AT Surat Asy Syuaro’ Surat Al Fathir
6 SABTU Surat Yasiin Surat Al Hujurot
7 AHAD Surat Qof Surat An Nass

Dengan demikian kita dapat melihat kemampuan dan keistiqomahan kita dalam berinteraksi dengan AL Qur’an, maka dari itu mari kita berikan perhatian yang lebih untuk Al Qur’an, agar kita mendapatkan syafa’at dari ayat-ayat yang sudah kita baca, dan syafa’at tersebut akan membela dan menemani kita sejak kita di alam kubur sampai hari pengadilan dihadapan Allah SWT. Dan syafa’at tersebut tergantung banyaknya ayat yang telah kita baca, seandainya ayat yang kita baca sebatas satu surat, maka segitulah Al Qur’an akan memberikan pembelaan terhadap kita, dan jika kita membacanya 30 juz maka segitu juga pembelaan yang kita dapatkan darinya.
Semoga Allah senantiasa membimbing kita kejalan yang lurus dan semoga selalu diberikan keistiqomahan dalm berinteraksi ddengan Al Qur’an sehinggan kita termasuk orang-orang yang beruntung Amien….

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s