TANDA TANDA ORANG KAFIR

Surat Al Baqarah 6 ~ 7

6. Sesungguhnya orang-orang kafir, sama saja bagi mereka, kamu beri peringatan atau tidak kamu beri peringatan, mereka tidak juga akan beriman.

7. Allah telah mengunci-mati hati dan pendengaran mereka, dan penglihatan mereka ditutup dan bagi mereka siksa yang amat berat.

Setelah menjelaskan tanda tanda orang bertaqwa yang akan beroleh kemenangan dan kebahagiaan didunia dan akhirat , maka Allah SWT. menjelaskan pula tanda tanda orang yang kafir. Orang bertaqwa adalah orang yang layak dan siap untuk memikul amanah yang dipikulkan Allah pada manusia sebgai khalifah Allah dibumi ini, sebaliknya orang orang kafir adalah musuh musuh Allah dan Rasul-Nya yang akan menantang para khalifah Allah secara terang terangan.

Kafar atau kufur menurut bahasa adalah menutupi atau tertutup. Orang kafir adalah orang yang tertutup hatinya sehingga tidak mendapat cahaya nur dari hidayah Allah atau nur al-Quran..Oleh karena mata hatinya tertutup maka sama saja magi dia apakah diberi hidayah atau tidak. Seperti halnya orang yang menutupi matanya, maka sama saja bagi dia ada cahaya disekitarnya atau tidak tidak, dia tetap saja dalam keadaan gelap gulita.Demikianlah yang diungkapkan Allah SWT. mengenai sifat atau tanda tanda orang yang kafir.:” Sesungguhnya orang-orang kafir, sama saja bagi mereka, kamu beri peringatan atau tidak kamu beri peringatan, mereka tidak juga akan beriman”(ayat 6).
Kenapa hati orang kafir tertutup? Apa yang menutupinya? Hati manusia pada dasarnya dalam keadaan fitrah, terbuka untuk menerima hidayah dari Allah SWT. akan .Akan tetapi bila manusia itu memeperturutkan atau mempertuhan hawa nafsunya maka hatinya akan kotor dan tertutup. Bila hati manusia telah tertutup kepada yang haq (hidayah), maka mata dan telinganya pun akan tertutup pula.

Jadi akibat tingkah laku dan perbuatan manusia yang kafir atau durhaka kepada Allah itulah, makanya Allah mengunci hati, telinga dan mata mereka,”Allah telah mengunci-mati hati dan pendengaran mereka, dan penglihatan mereka ditutup (.pangkalayat 7).

Firman Allah SWT.:

Maka pernahkah kamu melihat orang yang menjadikan hawa nafsunya sebagai tuhannya dan Allah membiarkannya berdasarkan ilmu-Nya dan Allah telah mengunci mati pendengaran dan hatinya dan meletakkan tutupan atas penglihatannya. Maka siapakah yang akan memberinya petunjuk sesudah Allah (membiarkannya sesat). Maka mengapa kamu tidak mengambil pelajaran?(QS.Aljatsiah 45:23)

Demikianlah adanya orang yang kafir, atau orang mengaku muslim atau mukmin tapi hatinya kufur, durhaka kepada Allah, tidak mempedulikan perintah dan larangan Allah karena dia telah bertuhan kepada hawa nafsu sebagai disitir ayat diatas.Kendatipun demikian keras kumandangan azan, namun telinganya tidak mendengar azan itu, karena memang hatinya tidak pernah tersentuh untuk menyahuti azan dan tersentuh untuk melakukan shalat. Kendatipun jalan kemeskjid cukup terang benderang namun dia tidak melihat jalan kemesjid itu .Kendatipun rumahnya berdampingan dengan mesjid, dan setiap waktu dia mendengar pengajian melalui pengeras suara dari mesjid, namun hatinya tidak pernah tersentuh sedikitpun dengan pengajian tersebut, bahkan telingapun seakan akan tidak pernah mendegngar pengajian tersebut.

Akibat dari perbutan orang kafir yang durhaka kepada Allah itu maka Allah akan mengaazabnya dengan azab yang berat,“dan bagi mereka siksa yang amat berat”(akhir ayat 7 )..

Azab yang akan diterima orang kafir atau orang yang durhaka kepada Allah bukan hanya diakhirat kelak, tapi juga didunia ini.Allah telah memperlihatkan bukti sejarah betapa kaum yang durhaka penantang Allah dan Rasulnya mendapatkan hukuman yang dahsyat dari Allah SWT. Allah telah menenggelamkan Firaun dan bala tentaranya kedalam lautan yang dalam. Kaum “Ad dibinasakan Allah dengan angin puting beliung yang memporak perandakan perkampungan mereka sehingga tinggal hanya serpihan saja lagi. Kaum Tsamud dilumpuhkan Allah dengan petir dahsyat yang menyambar perkampungan mereka (QS.Adz-Dzariat 51:38-45). Sedangkan kaum nabi Nuh ditelan oleh tsunami yang maha dahsyat (QS.al-Qamar 54:9-16).

Bukan hanya hukuman masal pada negeri negeri yang mayoritas telah durhaka Allah menurunkan siksaNya didunia ini, bahkan secara peribadi manusia manusia yang tidak mempedulikan ayat-ayat Allah, tidak peduli dengan peringatan dan agama Allah maka Allah akan menimpakan hukuman pada mereka, karena Allah itu Maha Adil dan Maha Berkuasa. Firman Allah SWT.:

Dan siapa berpaling dari peringatan-Ku, Maka Sesungguhnya baginya penghidupan yang sempit, dan Kami akan menghimpunkannya pada hari kiamat dalam keadaan buta”.(QS.Thaha 20:24).

Menurut Ibnu Katsir, mereka yang durhaka kepada Allah dihukum Allah dengan kehidupan yang sempit, yang sempit adalah hati mereka. Kendatipun rumah mereka besar dan mewah, tapi hati mereka sempit, hati mereka tidak pernah tenang, selalu resah dan gelisah.

Adapun hukuman diakhirat kelak mereka akan memenuhi neraka jahanam. Firman Allah SWT.:

Dan Sesungguhnya Kami jadikan untuk (isi neraka Jahannam) kebanyakan dari jin dan manusia, mereka mempunyai hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat-ayat Allah). mereka itu sebagai binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. mereka Itulah orang-orang yang lalai.(QS.Al-A’raf 7:179)

Tidak sedikit ayat ayat al-Quran yang mengancam orang –orang kafir dengan neraka, antara lain firman Allah SWT:

Dan peliharalah dirimu dari api neraka, yang disediakan untuk orang-orang yang kafir.(QS.Ali Imran 3:131).

Allah mengancam orang-orang munafik laki-laki dan perempuan dan orang-orang kafir dengan neraka Jahannam, mereka kekal di dalamnya. cukuplah neraka itu bagi mereka, dan Allah mela’nati mereka, dan bagi mereka azab yang kekal.(QS.At-Taubah 9:68)

Dan orang-orang yang kafir dan mendustakan ayat-ayat Kami, mereka itulah penghuni-penghuni neraka, mereka kekal di dalmnya. dan itulah seburuk-buruk tempat kembali.(QS.At-Taghabun 64:10).

Siapa yang mendurhakai Allah dan rasul-Nya Maka Sesungguhnya baginyalah neraka Jahannam, mereka kekal di dalamnya selama-lamanya.(QS.Al-Jin 72:23)

Sesungguhnya orang-orang yang kafir yakni ahli Kitab dan orang-orang yang musyrik (akan masuk) ke neraka jahannam; mereka kekal di dalamnya. mereka itu adalah seburuk-buruk makhluk.(QS.Al-Bayinah 98:6).

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s