Seharusnya syawal adalah Bulan Peningkatan

Berapa banyak orang mengatakan bahwa makna syawal adalah peningkatan sehingga syawal adalah bulan peningkatan amal shalih. Benarkah anggapan ini?

(… من شوال) مأخوذ من شالت الإبل أذنابها إذا رفعتها لأن العرب كانوا يرفعون فيه آلات الحرب لقرب الأشهر الحرم

Ibnul ‘Allan asy Syafii mengatakan, “Penamaan bulan Syawal itu diambil dari kalimat Sya-lat al Ibil yang maknanya onta itu mengangkat atau menegakkan ekornya. Syawal dimaknai demikian karena dulu orang-orang Arab menggantungkan alat-alat perang karena sudah dekat dengan bulan-bulan haram (yang merupakan bulan terlarang perang di masa jahiliyyah, pent)”
[Dalil al Falihin li Thuruq Riyadh al Shalihin-syarh Riyadh al Shalihin- karya Muhammad bin ‘Allan al Shiddiqi al Syafii al Maki –wafat tahun 1057 H-, jilid 4 hal 63, terbitan Darul Fikr Beirut].

Jadi syawal disebut syawal bukan karena bulan ini adalah bulan peningkatan amal-bahkan kita diperintahkan untuk meningkatkan amal setiap hari-namun syawal disebut syawal karena di bulan ini orang-orang Arab mengangkat atau meninggikan alat-alat perang yang mereka miliki atau dengan bahasa lain, mereka menggantungkan pedang, tombak dan lainnya karena terjerumus dalam larangan berperang di bulan Dzulqa’dah yang merupakan bagian dari bulan-bulan haram. Jika mereka masing menenteng pedang dan yang lainnya di bulan syawal sangat dimungkinkan mereka akan melanggar larangan berperang di bulan Dzulqa’dah.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s