Keutamaan Bulan Ramadhan

Allah Azza wa Jalla berfirman,

“Bulan Ramadhan (adalah) bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Quran sebagai petunjuk (hudan) bagi manusia dan penjelasan (bayan) tentang petunjuk itu dan furqan (pembela haq dan bathil)” (Al-Baqarah: 185).Ramadhan dalam tinjauan bahasa bermakna sangat terik, atau panas karena terik matahari. Adapun bulan puasa disebut sebagai bulan Ramadhan karena ia dapat membakar dosa-dosa dengan amal sholih. Adapun menurut Zamakhsyari dalam Rawai’ul Bayan hal .100 mengatakan “Orang-orang Arab dahulu kala ketika memindahkan nama-nama bulan itu menurut masa yang dilalui (menurut iklimnya). Kebetulan bulan ini melalui masa panas karena sangat terik matahari, maka disebutlah ia Ramadhan”.

Menurut riwayat Ahmad dari Abu Hurairah ra, ia mengatakan bahwa Rasulullah saw senantiasa menyambut dan menyongsong kedatangan bulan Ramadhan dengan berita gembira kepada para shahabatnya seraya bersabda,

“Sungguh telah datang kepadamu bulan Ramadhan, bulan penuh keberkahan. Allah memfardukan atas kamu puasanya. Didalam bulan Ramadhan dibuka segala pintu surga dan dikunci segala pintu neraka dan dibelenggu seluruh syetan. Padanya ada suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Barangsiapa tidak diberikan kepadanya kebaikan malam itu, maka sesungguhnya dia telah dijauhkan dari kebaikan”.

Diamping keutamaan diatas, masih banyak keutamaan dan nama-nama bulan Ramadhan sesuai dengan fungsinya, yaitu:

  1. Syahrullah, artinya Bulan Allah. Sebagaimana tersebut dalam hadist qudsi bahwa puasa Allah sandarkan pada dirinya, dan Dia-lah yang akan memberi pahala secara khusus, ash-shaumu lii wa ana ajzi bihi…
  2. Syahrul Quran, yaitu bulan yang didalamnya diturunkan Al Quran (Al-Baqarah : 185, Al Qadr: 1-5).
  3. Syahrul Shabri, bulan kesabaran yaitu bulan untuk mendidik dan melatih pribadi muslim untuk besabar. Yakni bersabar dalam menunaikan ketaatan, sabar dalam menjauhi kemaksiatan dan sabar menghadapi musibah. Dan ini dapat dirasakan nilai tarbawi (nilai pendidikan)-nya dalam bulan ini lebih berkesan.
  4. Syahrul Jud, bulan keikhlasan. Yaitu bulan untuk meraih keikhlasan dengan memperbanyak bermurah tangan, memberi bantuan kepada fakir miskin.
  5. Syahrul Rahmah, bulan rahmat, yakni bulan saat Allah lebih banyak melimpahkan rahmat-Nya kepada hamba-hamba-Nya.
  6. Syahrul Najah, bulan pembebas, yaitu bulan dilepaskannya dari azab neraka.
  7. Syahrul Tilawah, bulan untuk memperbanyak tilawah Quran. Di bulan ini sangat utama untuk tilawah karena pahala yang berlipat-lipat gandakan diraih didalamnya.
  8. Syahrul id, bulan untuk kembali kepada fitrah. yakni dibulan ini menjadi penghantar dan pembersih jiwa mukmin kembali kepada fitrahnya, yakni bila segala perintah Allah ditunaikan dan larangan-Nya dijauhi. Di akhir bulan ini dilaksanakan shalat Ied sebagai pertanda kemenangan dan kesuksesan bagi mereka komitmen dalam takwanya. Laisa ‘ied liman labisal jadiid walaakinnal ‘ied man thaa ‘atuhu yaziid, hari raya ied bukanlah bagi mereka yang baru bajunya, akan tetapi ied adalah bagi mereka yang ketaatannya bertambah.

Dan masih banyak lagi nama-nama dan keutamaan Ramadhan.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s