Berwibawa di Hadapan Makhluk

إِذَا خَافَ اللَّهَ العَبْدُ أَخَافَ اللَّهُ مِنْهُ كُلَّ شَيْءٍ وَإِذَا لَمْ يَخَف العَبْدُ اللَّهَ أَخَافَ اللَّهُ مِنْ كُلِّ شَيْءٍ – العقيلي

Artinya: Jika seorang hamba takut kepada Allah, maka Allah menjadikan segala sesuatu takut kepadanya. Dan jika seorang hamba tidak takut kepada Allah, maka Allah menjadikan ia takut kepada segala sesuatu. (Riwayat Al Uqailiy)

Al Hafidz Al Ghumariy menyatakan bahwa Al Hafidz As Sakhawiy menyebutkan syawahid yang menguatkan hadits ini (lihat, Al Mudawiy, 1/344). Sebagaimana Al Ajluniy juga menyebutkan hadits serupa yang diriwayatkan oleh Abu As Syaikh, Ad Dailamiy serta Al Qadha’iy,”Sebagian darinya menguatkan yang lainnya” (lihat, Kasyf Al Khafa, 2/326). Hal ini menujukkan bahwa hadits ini hasan.

Dari hadits di atas bisa disimpulkan bahwa kewibawaan seseorang di hadapan makhluk Allah lainnya bergantung kepada kadar takutnya kepada Allah, sebagaimana yang disampaikan oleh Yahya bin Mu’adz Ar Razi,”Sesuai dengan kadar takutmu kepada Allah, makhluk segan kepadamu” (lihat, Kasyf Al Khafa, 2/326).

Berkenaan dengan hadits ini, Al Munawiy mengkisahkan bahwa salah satu dari syeikh beliau telah membuktikan kebenarannya. Beliau tidak takut sama sekali terhadap binatang buas. Bahkan pernah suatu malam syeikh beliau itu terpaksa menginap di bangunan untuk makam yang jauh dari pendunduk. Di malam harinya dua ular besar datang mendekat dan mengelilingi beliau, hal itu berlangsung hingga pagi hari dan sang syeikh pun menyampaikan,”Perasaanku tidak berubah karena dominasi rasa yaqin dan tawakkal” (Faidh Al Qadir, 1/427).

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s