Cerita Sejarah Islam Penuh Hikmah

Sejarah peradaban Islam dibagi menjadi tiga priode, Klasik, Pertengahan dan Modern. Pada periode Klasik kebudayaan dan peradabn Islam Identik dengan kebudayaan dan peradaban Aarab sejalan dengan dominasi bangsa arab dalam pemerintah dan bahasa. pada periode berikutnya, mulai terjadi perubahan- perubahan yang signifikan dengan muncul dan berkembangnya beberapa peradaban Islam. Sampai saat ini,tercatat empat kawasan pengaruh kebudayaan Persia, kawasan pengaruh kebudayaan Turki dan kawasan pengaruh kebudayaan India- Islam yang selalu menjadi objek kajian ke- Islaman Kontemporer. Pengkajian sejarah Islam di Indonesia mendapatkan porsi cukup besar dalam mengingat penyebaran islam di Nusantara memiliki corak yang khas.

Mengenai kedatangan islam ke indonesia dan penyebarannya kepada bangsawan dan rakyat umumnya, dilakukan secara dami. Islamisasi masuk melalui jalur atau saluran- saluran yamg berkembang diantarnaya ada enam:

  1. Saluran Perdagangan
  2. Saluran Perkawinan
  3. Saluran Tasawuf
  4. Saluran Pendidikan
  5. Saluran Kesenian
  6. Saluran Politik

Melalu enam jalur itu lah islam terseber ke seluruh dunia karena sejak zaman Prasejarah, penduduk dunia khususnya kepulauan Indonesia dikenal sebagai pelyar- pelayar yang sanggup mengarungi lautan lepas. Sejak awal abad Masehi sudah ada rute- rute pelayaran dan perdagangan antara kepulauan Indonesia dengan berbaagi daerah di darata Asia- Tenggara.

Wilayah barat Nusantara dan sekitar malaka sejak masa kuno merupakan wilayah yang menjadi titik perhatian, terutama karena hasil bumi yang dijual di sana menarik bagi para pedagang dan menjadi daerah lintasan penting antara Cina dan India. Pelabuhan- pelabuhan penting di sumatera dan Jawa antara abad ke satu dan ke tujuh masehi sering disanggahi pedagang asing seperti Lamuri (aceh), Barus dan Palembang di Sumatera, Sunda Kelapa dan Gresik di jawa. Demikian shabat ulasan mengenai Cerita Sejarah Islam Penuh Hikmah semoga bisa mengambil hikmah dan menambah wawasan sahabat dalam mendalami Sejarah Islam.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s