Gerakan Sayang Lansia

Gerakan Sayang Lansia  “Dukung Lansia Agar Sehat, Produktif, dan Mandiri di Usia Senja”

Penduduk lanjut usia merupakan bagian dari anggota keluarga dan anggota masyarakat yang semakin bertambah jumlahnya sejalan dengan peningkatan usia harapan hidup. Proses penuaan penduduk tentunya berdampak pada berbagai aspek kehidupan, baik sosial ekonomi dan terutama kesehatan. Dengan semakin bertambahnya usia, fungsi organ tubuh pun akan semakin menurun. Oleh karena perlu kegiatan  juga sekaligus diserahkan sumbangan untuk membantu para lansia dengan kategori tertentu.

untuk kategori lansia produktif, bantuan diserahkan kepada , janda yang membuat dan berjualan . Sementara  bantuan untuk kategori lansia aktif  yang aktivitas sehari-harinya dipenuhi dengan kegiatan berorganisasi. Ada pula, penerima bantuan untuk kategori lansia yang berkomitmen pada pendidikan anak dan program keluarga berencana. Ini terbukti dengan berhasilnya beliau dalam menyekolahkan anak pertamanya hingga ke tingkat sarjana, serta anak keduanya yang berprofesi sebagai PNS. Ada juga yang berusia, 63 tahun, yang sehari-harinya membuka warung kelontong sejak tahun 1997, dan , 53 tahun, yang berjualan kerupuk, opak dan rengginang di pasar  yang menerima bantuan sebagai kategori lansia mandiri.

Masyarakat Indonesia pada umumnya menempatkan Lansia pada posisi yang dihormati. Hal ini bukan saja karena sesuai dengan nilai-nilai budaya yang berkembang di masyarakat, tetapi juga karena lansia tergolong kedalam kelompok rentan. “Mati, itu sudah tentu. Tapi lansia, itu belum tentu”, kata Tatik. “Oleh karena itu perlu perhatian dan kasih sayang dari keluarga untuk para lansia agar kehidupannya menjadi seimbang”,

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s