TIGA BENTUK KEBERKAHAN HIDUP

TIGA BENTUK KEBERKAHAN HIDUP

  • Berkah dalam keturunan

Berkah dalam keturunan yakni dengan lahirnya generasi yang saleh. Generasi yan kuat imannya, luas ilmunya dan banyak amal shalehnya. Allah berfirman, “Dan istrinya berdiri lalu dia tersenyum. Maka Kami sampaikan kepadanya kabar gembira tentang (kelahiran) ishaq dan setelah ishaq (akan lahir) ya’qub. dia (istrinya) berkata,sungguh ajaib, mungkinkah aku akan melahirkan anak padahal aku sudah tua, dan suamiku ini sudah sangat tua? ini benar-benar sesuatu yang ajaib. mereka (para malaikat) berkata, mengapa engkau merasa heran tentang ketetapan Allah? (itu adalah) rahmat dan berkat Allah, dicurahkan kepadamu, wahai Ahlulbait! sesungguhnya Allah Maha Terpuji, Maha Pengasih ” (Huud: 71 – 73)

  • Berkah dalam Makanan

Makanan yang halal dan thayyib merupakan suatu keberkahan, Ibnu Katsir menjelaskan bahwa keberkahan dari langit dan bumi sebagaimana yng disebutkan dalam firman surah Al-A’raaf ayat 96 di atas adalah rezeki yang diantara rezeki itu adalah makanan. Allah swt., Allah berfirman, ” Dan makanlah dari apa yang telah diberikan Allah kepadamu sebagai rezeki yang halal dan baik, dan bertakwalah kepada Allah yang kamu beriman kepada-Nya.” (al-Maaidah:88)

  • Berkah dalam Waktu

Waktu yang cukup tersedia dan dimanfaatkannya untuk kebaikan, merupakan suatu keberkahan yang menghindarkannya dari kerugian. Allah berfirman, ” Demi masa. Sungguh manusia berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebijakan serta saling menasihati untuk kesabaran.” (al-Ashr:1-3)

untuk memperoleh keberjahan, kkucinya ada dua yaitu sebagai berikut.

1. Iman dan Takwa yang Benar Di dalam ayat di atas, sudah dikemukakan bahwa Allah akan menganugerahkan keberkahan kepada hamba-hambanya yang beriman dan bertakwa kepada-Nya. karena itu ditekankan betul untuk mengokohkan takwa, Allah swt. berfirman, “Wahai orang-orang yang beriman! bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya dan janganlah kamu mati kecuali dalam keadaan muslim.” (Ali Imran : 102)

2. Berpdoman kepada Al-Qur’an Al-qur’an merupakan sumber keberkahan sehingga aabila kita menjalankan pesan-pesan Al-Qur’an dan berpedoman kepaanya niscaya kita akan memperoleh keberkahan dari Allah swt. Allah berfirman, ” Dan ini (Al-Qur’an) adalah suatu peringatan yang mempunyai berkah yang telah Kami turunkan. Maka apakah kamu mengingkarinya?” (Al-Anbiyaa’:50, lihat juga Shaad : 29, al-An’aam:155)

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s