Penggabungan Aqiqah dengan 1 ekor Sapi

Pertanyaan :

Assalamualaikum wr wb,

Begini pak, kami bermaksud mau rencana aqiqah kl di jumlah harus 6 kambing apakah boleh 6 ekor kambing tersebut di ganti 1 ekor sapi ???, terima kasih penyelasannya
Wassalam. Wr Wb

Erna

Jawaban :

Assalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Mengenai penggabungan Aqiqah dengan 1 ekor sapi untuk beberapa orang, para ulama berbeda pendapat. Ibnu Abdul Barr berkata: Para ulama telah ijma bahwa di dalam aqiqah ini tidak diperbolehkan apa yang tidak diperbolehkan di dalam udhhiyah (qurban), dari Al Azwaj Ats Tsamaniyyah hewan tersebut harus berupa kambing, domba, sapi atau unta.
Namun di dalam aqiqah tidak diperbolehkan berserikat (patungan, urunan) sebagaimana dalam udhhiyah, baik kambing/domba, atau sapi atau unta. Sehingga bila seseorang aqiqah dengan sapi atau unta, itu hanya cukup bagi satu orang saja, tidak boleh bagi tujuh orang.
Ibnu qayyim pernah ditanya tentang hal ini, dan beliau menjawab bahwa beliau tidak pernah mendengar hal seperti ini. Dan beliau berpendapat bahwa tidak boleh bergabung tujuh orang untuk beraqiqah dengan menyembelih satu ekor sapi. Beliau menyebutkan, tatkala sembelihan aqiqah ini merupakan tebusan bagi anak yang baru lahir, maka disyariatkan aqiqah dengan menyembelih hewan sembelihan yang sempurna, yakni tidak boleh adanya gabungan beberapa orang di dalamnya. Karena satu orang bertanggungjawab untuk menebus jiwa satu orang anak.

Sementara itu, pendapat lainnya mengatakan bahwa Aqiqah boleh dilakukan secara bersama-sama atau gabungan, misalnya seorang ayah menyembelih sapi untuk aqiqah tujuh anaknya sekaligus, atau misalnya beberapa orang urunan membeli sapi untuk aqiqah anak-anak mereka. Hal ini tidak berpengaruh bagi yang beraqiqah, artinya aqiqahnya tetap sah. (Al-Majmu Syarh Al Muhadzdzab, Juz I, hal. 429).

Wallahu a’lam bishshawbab, wassalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Meng-Aqiqahkan Anak yang telah Meninggal Dunia

Pertanyaan :

Assalammualaikum wr wb.

Begini pak saya punya anak laki-laki yang sudah meninggal kurang lebih 100 hari yang lalu, sebelum anak saya meninggal saya punya niat untuk mengaqiqahkan dia tetapi belum kesampaian, dan pertanyaan bolehkah kita lakukan aqiqah anak saya yang sudah wafat ? apa ada didalam alqur`an hukumnya nazar tetapi anak sudah tiada atau saya lanjutkan aqiqah anak saya menunggu anak ke 2 nanti, terima kasih atas saran dan pendapat bapak ? wassalam

Muhammad suhadi – Medan

Jawaban :

Assalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Bapak Muhammad Suhadi, Ada perbedaan pendapat para ulama tentang aqiqah untuk anak yang telah meninggal. Sebagian mengatakan boleh dan sebagian lagi mengatakan tidak boleh. Jika memang anak yang sudah meninggal belum aqiqah, dan ada anak yang masih hidup juga belum aqiqah, maka yg didahulukan adalah yang masih hidup dari pada yang telah meninggal. Namun tak ada larangan dalam syariah untuk mengaqiqahkan orang yang sudah meninggal.

Mengenai Nazar yang sudah bapak ucapkan, ada hadist yang mengatakan bahwa ”Barangsiapa yang bernadzar untuk mentaati Allah, maka ia wajib mentaati-Nya” (H.R Bukhari dan Muslim). Para ulama sepakat aqiqah yang disebabkan nazar adalah wajib, meskipun pada awalnya hukum aqiqah tersebut adalah sunnah muakkadah.

Wallahu a’lam bishshawbab, wassalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Bolehkan Aqiqah disatukan dengan Qurban ?

Pertanyaan :

Apakah pelaksanaan Aqiqah boleh dilakukan bersamaan dengan Qurban pada hari raya Idul Adha?

Hesti Pujianti – Cirebon

Jawaban :

Assalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Ibu yang dirahmati Allah SWT…

Penggabungan aqiqah dengan qurban, boleh-boleh saja. Tapi hal tersebut hanya sebatas penggabungan waktu saja. Kalau yang dimaksud penggabungan itu menggabungkan daging sembelihan maka itu tidak mungkin. Karena cara pelaksanaan dan niatnya berbeda.

Wallahu a’lam bishshawbab, wassalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s