Mengapa Manusia dicipta dari tanah ?

Segala puji milik Allah yang telah menciptakan manusia dari tanah, lalu membentuknya sebaik-baik bentuk, lalu memuliakannya di atas makhluk lainnya. kami bersyukur kepada-nya, menyembah-Nya dan tidak akan mensekutukan-Nya dengan sesuatu apapun.

Sholawat dan salam kami mohonkan agar tercurah kepada sebaik-baik uswah dan qudwah, Rasulullah Saw, juga kepada keluarga, sahabat dan pengikutnya yang istiqomah..
Ma’asyirol muslimin, sidang sholat Jumuah, para Undangan Allah Swt!
Apa yang terbesit di benak kita saat menyimak, jawaban iblis ketika ditanya oleh Allah Swt mengapa dia tak mau sujud kepada Nabi Adam padahal Allah telah memerintahkan, Iblis berkata:

قَالَ مَا مَنَعَكَ أَلَّا تَسْجُدَ إِذْ أَمَرْتُكَ قَالَ أَنَا خَيْرٌ مِنْهُ خَلَقْتَنِي مِنْ نَارٍ وَخَلَقْتَهُ مِنْ طِينٍ
“Allah berfirman: “Apakah yang menghalangimu untuk bersujud (kepada Adam) di waktu aku menyuruhmu?” Menjawab iblis “Saya lebih baik daripadanya: Engkau ciptakan saya dari api sedang Dia Engkau ciptakan dari tanah”. (Q.S. Al A’raf: 12)
Apa gerangan yang menyebabkan Iblis Enggan sujud? Sungguh ini adalah alasan yang sangat prinsip hingga Iblis berani tidak mentaati Allah Swt. Apakah karena Iblis lebih senior dari Adam As? Ternyata alasannya adalah karena Iblis menganggap manusia lebih rendah daripada Iblis yang berasal dari golongan Jin. Dia berkilah: bahwa saya lebih baik dari Adam, dia dicipta dari api sedang Adam dicipta dari tanah.
Lain halnya dengan Malaikat. Meskipun ia taat terhadap perintah Allah dan mau sujud kepada Adam As, tetapi pandangan malaikat tentang Manusia terlihat saat Allah hendak menjadikan manusia sebagai khalifah di muka bumi. Bagaimana respon malaikat?

وَإِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلَائِكَةِ إِنِّي جَاعِلٌ فِي الْأَرْضِ خَلِيفَةً قَالُوا أَتَجْعَلُ فِيهَا مَنْ يُفْسِدُ فِيهَا وَيَسْفِكُ الدِّمَاءَ وَنَحْنُ نُسَبِّحُ بِحَمْدِكَ وَنُقَدِّسُ لَكَ قَالَ إِنِّي أَعْلَمُ مَا لَا تَعْلَمُونَ
“ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada Para Malaikat: “Sesungguhnya aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi.” mereka berkata: “Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, Padahal Kami Senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?” Tuhan berfirman: “Sesungguhnya aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui.” (Q.S. Al baqoroh: 30)
Ayat tersebut jangan dilihat sebagai pembangkangan Malaikat kepada Allah, akantetapi lebih pada pandangan malaikat terhadap manusia. Malaikat membandingkan antara malaikat yang terbuat dari unsur cahaya selalu taat, sedangkan manusia terbuat dari unsur tanah yang cenderung merusak.
Dari ayat-ayat tersebut terusik sebuah pertanyaan, siapa sebenarnya kita? mengapa Allah Swt menciptakan kita dari tanah?

Ma’asyirol muslimin, sidang sholat Jumuah, para Undangan Allah Swt!
Di sisi lain, Allah Swt menjelaskan dalam beberapa ayat bahwa manusia memiliki beberapa sifat buruk, diantaranya adalah..
• ..dan manusia diciptakan dalam keadaan lemah (dho’if) (Q.S. An Nisaa: 28)
• “Sesungguhnya Kami telah mengemukakan amanat kepada langit, bumi dan gunung-gunung, Maka semuanya enggan untuk memikul amanat itu dan mereka khawatir akan mengkhianatinya, dan dipikullah amanat itu oleh manusia. Sesungguhnya manusia itu Amat zalim dan Amat bodoh” (Q.S. Al Ahzab: 72)
• “sesungguhnya manusia diciptakan dalam keluh kesah.. “ (Q.S. Al Ma’arij: 19)
•  “..dan adalah manusia itu tergesa-gesa” (Q.S. Al Isra: 11)
•  “.. Sesungguhnya manusia benar-benar kufur” (Q.S. Al hajj: 66)
•  Manusia adalah tempat salah dan lupa.. (Al Hadits)

Sebanarnya apa maksud dari ini semua?
Allah Swt membeberkan data ini semua adalah agar manusia menyadari bahwa dirinya bukan apa-apa tanpa Allah Swt, tanpa Hidayah-Nya, tanpa petunjuk-nya, tanpa beribadah kepadanya. Maka siapa yang menyadari ini semua dia harus berpikir apa tugas, kewajiban, serta tujuan hidupnya di dunia ini, lalu serius menempuhnya dengan sebenar-benarnya karena itulah jalan keselamatan dan kesuksesan baginya.

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s